Sabtu, 24 November 2012

Kemampuan Komputer yang Semakin Baik



Jika boleh diibaratkan, ukuran dan kecepatan komputer tahun 50-an dan 60-an ibarat dinosaurus di Jurassic Park. Komputer pada masa itu ditempatkan dalam ruang besar dan hanya boleh disentuh oleh para ahli komputer perusahaan. Para pemakai tidak pernah berhubungan langsung dengan perangkat keras. Umumnya, mereka tidak tahu cara menggunakan komputer dan takut belajar.
Pada saat ini, setiap orang sangat mungkin untuk memiliki komputer mikro di ruang kerjanya. Banyak komputer mikro yang dihubungkan dengan komputer lain dalam satu jaringan. Pada umumnya, para pemakai komputer telah banyak mengetahui cara menggunakannya.
Pada saat ini, para pengusaha tidak memandang komputer sebagai sesuatu yang istimewa, tetapi sebagai bagian peralatan kantor yang diperlukan sebagaimana peralatan kantor lainnya. Sebagai contoh, dalam dekade terakhir ini rekrutmen spesialis komputer pada perusahaan produsen mobil meningkat secara tajam sementara pekerja kerah biru semakin dikurangi.
Kecenderungan ini nampak pada kebanyakan industri mobil, dimana baik desain maupun produksinya sangat tergantung pada pengetahuan dan teknologi informasi yang intensif.
Dalam ekonomi yang berbasis pada pengetahuan dan informasi, maka teknologi dan sistem informasi menjadi sangat penting. Sistem informasi diperlukan untuk mengoptimalkan aliran informasi dan pengetahuan di dalam organisasi dan untuk membantu manajemen memaksimalkan sumber daya pengetahuan perusahaan.

Sumber: Buku Laudon, K. C. dan Laudon, J. P. 'Management Information System' 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar