Deskripsi
Umum
Sistem Informasi Akademik
merupakan sistem yang mengolah data danmelakukan proses kegiatan akademi yang
melibatkan antara mahasiswa , dosen, administrasi akademik , keuangan dan data
atribut lainnya .Sistem informasi Akademik melakukan kegiatan proses administrasi
mahasiswadalam melakukan kegiatan administrasi akademik , melakukan proses
padatransaksi belajar-mengajar antara dosen dan mahasiswa , melakukan
prosesadministrasi akademi baik yang menyangkut kelengkapan dokumen dan
biayayang muncul pada kegiatan registrasi ataupun kegiatan operasional
harianadministrasi akademik . Proses pengolahan data keuangan dilakukan setiap
kaliterjadi transaksi keuangan yang dilakukan oleh mahasiswa , sehingga
padaproses ini Sistem Informasi Akademi dapat melakukan update untuk
datamahasiswa . Beberapa bagian yang bersangkutan dengan modul keuangan
dapatdiintegrasikan dibawah Sistem Informasi Akademik , modul keuangan
dapatberupa kegiatan transaksi akutansi ataupun kegiatan transaksi
kepegawaianyang merupakan proses yang terjadi pada kegiatan di Universitas
ataupunAkademik .
Deskripsi
Modul
Dijelaskan beberapa modul yang
berkaitan dengan Sistem Informasi Akademik ,yaitu :
1. Modul Registrasi Mahasiswa
terdiri
dari proses registrasi ulang dimanamahasiswa melakukan pendaftaran ulang dengan
mengisi formulir ,berupa form manual ataupun form entry yang berbasis web (
Front End Web ), pencetakan kartu status sementara , update data antara
matakuliah , jadwal , dosen dan mahasiswa .
2. Modul Administrasi keuangan
a.
Sub modul transaksi pembayaran dilakukan pada
bagian administrasikeuangan , dimana terdapat aplikasi berupa form entry untuk
data-data pembayaran dan melakukan update terhadap data mahasiswa
&pencentakan slip pembayaran.
b.
Sub modul Monitoring , dilakukan pengecekan data
terhadap data-data mahasiwa yang belum melakukan pembayaran secara lunas
,sehingga data-data mahasiswa secara administrasi keuangan dapat dimonitor .
Proses ini mendukung modul register dimana terjadipengecekan terhadap mahasiswa
yang sudah/belum membayartunggakan , sehingga hanya mahasiswa yang telah
membayartunggakan dapat melakukan proses registrasi.
c.
Sub modul Pelaporan , ditujukan untuk melakukan
kegiatan pelaporandata keuangan , laporan berkala ataupun laporan
hariantransaksional . Modul ini dapat dikembangkan sesuai dengankebutuhan
sistem .
3. Modul Internal Akademik
a.
Sub modul transaksi, dimana dilakukan proses entry
terhadap data-data dosen , kelas , jadwal , status , dan informasi tambahan
yangdibutuhkan . Pada modul ini aplikasi dapat dikembangkan baik secaraweb
ataupun dengan menggunakan Visual Programing.3.2Sub Modul Monitoring dimana
dilakukan monitoring data terhadapkegiatan belajar mengajar dimana terdapat
proses absensi terhadapdata mahasiswa dan statistik data mahasiswa.
b.
Sub Modul Pelaporan , terdapat proses pembuatan
pelaporan terhadapkegiatan belajar mengajar yang dibuat secara terstruktur ,
sehinggainformasi tersebut merupakan informasi yang valid untuk
kegiatanpelaporan , baik pelaporan harian ataupun pelaporan terjadwal .
4. Modul Kepegawaian
a.
Sub Modul transaksi Pegawai , sub modul yang
ditujukan untukpengolahan data pegawai , absensi , status , pangkat , cuti ,
indeksprestasi , gaji dan data atribut yang bersangkutan dengan pegawai .4.2
Pelaporan & statistic.
5. Modul Penerimaan Mahasiswa Baru
Modul ini melakukan proses penerimaan mahasiswa baru ,
dilakukan secara on-line melalui web . Pada modul ini terdapat entry data
berupa data-data calonmahasiswa yang akan mendaftar ujian masuk , pencetakan
kartu tanda ujian ,transaksi data dan pelaporan data transaksi pendaftaran .
this is the paper related about Academic Information System http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1809/1/Artikel_92307043.pdf
BalasHapusSangat membantu,
BalasHapusmungkin akan lebih baik jika lebih banyak gambar, jadi lebih menarik dan mudah dipahami :)