Minggu, 02 Desember 2012

Sistem Informasi Akademik


Deskripsi Umum
Sistem Informasi Akademik merupakan sistem yang mengolah data danmelakukan proses kegiatan akademi yang melibatkan antara mahasiswa , dosen, administrasi akademik , keuangan dan data atribut lainnya .Sistem informasi Akademik melakukan kegiatan proses administrasi mahasiswadalam melakukan kegiatan administrasi akademik , melakukan proses padatransaksi belajar-mengajar antara dosen dan mahasiswa , melakukan prosesadministrasi akademi baik yang menyangkut kelengkapan dokumen dan biayayang muncul pada kegiatan registrasi ataupun kegiatan operasional harianadministrasi akademik . Proses pengolahan data keuangan dilakukan setiap kaliterjadi transaksi keuangan yang dilakukan oleh mahasiswa , sehingga padaproses ini Sistem Informasi Akademi dapat melakukan update untuk datamahasiswa . Beberapa bagian yang bersangkutan dengan modul keuangan dapatdiintegrasikan dibawah Sistem Informasi Akademik , modul keuangan dapatberupa kegiatan transaksi akutansi ataupun kegiatan transaksi kepegawaianyang merupakan proses yang terjadi pada kegiatan di Universitas ataupunAkademik .
Deskripsi Modul
Dijelaskan beberapa modul yang berkaitan dengan Sistem Informasi Akademik ,yaitu :
1.  Modul Registrasi Mahasiswa
terdiri dari proses registrasi ulang dimanamahasiswa melakukan pendaftaran ulang dengan mengisi formulir ,berupa form manual ataupun form entry yang berbasis web ( Front End Web ), pencetakan kartu status sementara , update data antara matakuliah , jadwal , dosen dan mahasiswa .
2.  Modul Administrasi keuangan
a.    Sub modul transaksi pembayaran dilakukan pada bagian administrasikeuangan , dimana terdapat aplikasi berupa form entry untuk data-data pembayaran dan melakukan update terhadap data mahasiswa &pencentakan slip pembayaran.
b.    Sub modul Monitoring , dilakukan pengecekan data terhadap data-data mahasiwa yang belum melakukan pembayaran secara lunas ,sehingga data-data mahasiswa secara administrasi keuangan dapat dimonitor . Proses ini mendukung modul register dimana terjadipengecekan terhadap mahasiswa yang sudah/belum membayartunggakan , sehingga hanya mahasiswa yang telah membayartunggakan dapat melakukan proses registrasi.
c.    Sub modul Pelaporan , ditujukan untuk melakukan kegiatan pelaporandata keuangan , laporan berkala ataupun laporan hariantransaksional . Modul ini dapat dikembangkan sesuai dengankebutuhan sistem .
3.  Modul Internal Akademik
a.    Sub modul transaksi, dimana dilakukan proses entry terhadap data-data dosen , kelas , jadwal , status , dan informasi tambahan yangdibutuhkan . Pada modul ini aplikasi dapat dikembangkan baik secaraweb ataupun dengan menggunakan Visual Programing.3.2Sub Modul Monitoring dimana dilakukan monitoring data terhadapkegiatan belajar mengajar dimana terdapat proses absensi terhadapdata mahasiswa dan statistik data mahasiswa.
b.    Sub Modul Pelaporan , terdapat proses pembuatan pelaporan terhadapkegiatan belajar mengajar yang dibuat secara terstruktur , sehinggainformasi tersebut merupakan informasi yang valid untuk kegiatanpelaporan , baik pelaporan harian ataupun pelaporan terjadwal .
4.  Modul Kepegawaian
a.    Sub Modul transaksi Pegawai , sub modul yang ditujukan untukpengolahan data pegawai , absensi , status , pangkat , cuti , indeksprestasi , gaji dan data atribut yang bersangkutan dengan pegawai .4.2 Pelaporan & statistic.
5.  Modul Penerimaan Mahasiswa Baru
Modul ini melakukan proses penerimaan mahasiswa baru , dilakukan secara on-line melalui web . Pada modul ini terdapat entry data berupa data-data calonmahasiswa yang akan mendaftar ujian masuk , pencetakan kartu tanda ujian ,transaksi data dan pelaporan data transaksi pendaftaran .

2 komentar:

  1. Sangat membantu,
    mungkin akan lebih baik jika lebih banyak gambar, jadi lebih menarik dan mudah dipahami :)

    BalasHapus